2 Cara Membuat Nomor Urut di excel
Dalam membuat laporan/tugas menggunakan excel sangat sering menggunakan nomor urut agar bisa terlihat rapi dan mudah untuk dilihat seperti menggunakan tabel yang isinya ada list atau Membuat Nama sebagainya. Jika yang dibuat nomor urut hanya sedikit mungkin lebih mudah, namun jika jumlahnya banyak, mungkin diatas 1000 atau lebih, mungkin sedikit lebih kesulitan jika harus mengetik manual.
Berikut ada 2 Cara membuat Nomor Urut yang bisa kamu gunakan untuk membantu dan mempermudah mengurangi waktu yang terbuang jika harus melakukan dengan manual.
1. Membuat dengan Autofill
- Buka file yang akan dibuat nomor urut, lalu tempatkan posisi yang akan dibuat nomor urut
- Ketik dua angka untuk angka awal misal 1 dan 2
- Lalu Blok kedua angka tersebut kemudian di drag hingga nomor urut yang diinginkan
Jika ingin membuat angka nomor urut yang jumlahnya tidak terlalu banyak mungkin jumlahnya hanya puluhan atau ratusan, cara diatas sepertinya lebih efektif dan banyak digunakan.
Namun berbeda dengan jumlahnya yang sudah terlalu banyak, lebih dari 1000, menggunakan cara diatas sepertinya kurang efektif, mungkin bisa menggunakan cara dibawah
2. Membuat dengan Fill Series
- Buka file yang akan dibuat nomor urut, lalu tempatkan posisi yang akan dibuat nomor urut
- Ketik satu angka untuk angka awal misal 1, 2,10, dll
- Kemudian klik menu Home, lalu lihat Editing, klik Fill lalu Series
- Lalu akan muncul Dialog Box Series
- Lalu Dipilih jika nomor urutnya baris (pilih Row), jika kolom (pilih Columns), Type dipilih Linear
- Kemudian Step Value diisi 1 jika kelipatan urut 1 atau sesuai kebutuhan( bisa 2, 5 , dll) dan Stop Value nomor urut akhir yang diinginkan
- Klik OK, maka nomor urut akan muncul sesuai yang diinginkan. Selesai
Bagaimana cukup mudah bukan membuat nomor urut di excel.
Semoga membantu dan selamat mencoba
Belum ada Komentar untuk "2 Cara Membuat Nomor Urut di excel"
Posting Komentar