Welcome

Welcome to Langkahkitabersa, I hope the information is useful and beneficial, I hope you can visit again. Thank You

Cara Menghitung Checklist Check box Excel

 

Bagaimana Cara Menghitung Check Box di Excel,menghitung check box menggunakan COUNTIF,value,checklist
Dalam menggunakan lembar kerja excel dimana kita sudah mengetahui bagaimana cara membuat check box excel untuk membantu dan mempermudah penggunanya dalam hal membuat laporan kerja misalnya seleksi,absensi,pemilihan,survey, dll, yang dimana untuk lebih mudah dalam mengumpulkan informasi tersebut.

Namun jika sudah ada data yang dibuat misalnya contoh absensi, kita harus mengetahui untuk jumlah total yang hadir, absen atau sakit, atau contoh lainnya untuk kehadiran peserta meeting atau lainnya. Jika harus menghitung secara manual akan membutuhkan waktu dan jika ada perubahan maka harus melakukan penghitungan manual, dan jika ingin agar bisa otomatis maka harus menggunakan formula atau rumus, namun anda bingung atau tidak tahu harus menggunakan formula apa? Jangan khawatir, karena akan dibantu untuk menjelaskan bagaimana cara menghitung checkbox di excel.

Bagaimana Cara Menghitung Check Box di Excel

Untuk menghitung check box menggunakan COUNTIF formula di microsoft excel pada lembar kerja yang sudah dibuat insert checkbox. Sebelum menghitung checkbox yang sudah di checklist sebaiknya harus mengetahui bagaimana membuat checkbox itu sendiri, seperti artikel sebelumnya yang sudah ada.

Berikut Langkah-langkah untuk menghitung Check box

  1. Silahkan buat Checkbox terlebih dahulu dalam lembar kerja excel sesuai kegunaan yang diinginkan

    menghitung check box menggunakan COUNTIF formula

  2. Kemudian klik kanan pada kotak checkbox tersebut, lalu klik Format Control, lalu akan muncul tampilan Format Control


  3. Setelah tampilan Format Control muncul pada Cell Link silahkan dipilih untuk informasi dari checkbox tersebut akan ditampilkan dimana, yaitu ketika dilakukan centang pada kotak akan bernilai TRUE dan sebaliknya jika tidak dicentang akan bernilai FALSE


  4. Lalu OK
Setelah semua checkbox dibuat untuk semua list yang ada (misal absensi untuk nama-nama) dan sudah dilakukan absensi maka akan dilakukan penghitungan untuk mengetahui jumlah dari semua yang sudah diseleksi(seperti contoh gambar dibawah)

Maka langkah selanjutnya, silahkan klik di cell yang ingin dibuat formula excel yang menghitung total jumlah dari centang yang sudah dibuat.
Misal dibuat dalam cell D50 untuk perhitungan total checkboxnya, dan yang sudah dilakukan tanda centang ( Checked) atau sering disebut Tick Box pada D1-D10 silahkan diketikkan 

=COUNTIF(D1:D10;"TRUE")

Sedangkan untuk menghitung yang tidak di centang atau unchecked silahkan diketikkan

=COUNTIF(D1:D10;"FALSE")

Baca Juga Bagaimana Cara Membuat Checkbox di Ms. Excel

Dengan Formula tersebut maka akan dihitung berapa total yang dicentang dan berapa yang tidak dicentang, selebihnya kamu bisa membuat keterangan untuk mendapat centang misal hadir, yang tidak dicentang tidak hadir atau lainnya yang menurut kegunaan dari checkbox tersebut dibuat.

Bagaimana cukup mudah bukan untuk membuat formula dalam perhitungan check box di excel.

Semoga bisa membantu dan informasinya bisa bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghitung Checklist Check box Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel