Cara Menggunakan Formula VLOOKUP untuk mencari data didalam sebuah tabel di excel
Jika ada data di excel yang berupa tabel yang dimana didalam tabel tersebut yang informasi datanya banyak mungkin akan menjadi sulit jika ingin mencari atau mendapatkan informasi, misal daftar list yang dimana dari list tersebut kita ingin mencari nilai gaji dari nama tertentu,atau nilai,deskripsi,nama,dll
Dengan menggunakan formula VLOOKUP dengan mudah bisa membantu kita untuk mencari suatu informasi disebuah tabel pada microsof excel, mengisi data yang dicari pada sebuah tabel dengan bantuan tabel referensi.
Secara sederhana formula VLOOKUP bisa dilihat seperti berikut
=VLOOKUP(Nilai/teks yang ingin dicari, tabel referensinya, kolom yang ingin hasilnya ditemukan, nilai hampir sama(TRUE) atau sama (FALSE).
Note : pada tabel referensi, untuk nilai yang dicari harus berada dikolom pertama tabel, karena jika tidak pada kolom pertama maka formula ini tidak akan berfungsi dengan benar
Berikut cara atau langkah-langkah menggunakan VLOOKUP di microsoft excel:
- Buka table data yang ingin dicari/diisi, bisa dilihat contoh dibawah pada cell H16 deskripsi yang ingin dicari, sedangkan cell L2-L13 diisi otomatis,karena jika ketik secara manual akan membutuhkan cukup banyak waktu
- Ketikkan formula "=VLOOKUP(Nilai/teks yang ingin dicari, tabel referensinya, kolom yang ingin hasilnya ditemukan, nilai hampir sama(TRUE) atau sama (FALSE)".
- Ketikkan formula VLOOKUP juga dicell yang ingin datanya bisa isi automatis
- Tarik/drag dari cell yang sudah terisi sampai semua data yang ingin diisi, dan untuk data yang ingin dicari bisa diganti kata kunci yang ingin dicari.Selesai
Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan Formula VLOOKUP untuk mencari data didalam sebuah tabel di excel"
Posting Komentar